Senin, 21 Januari 2013

Media Pembelajaran Vocabulary

MEDIA PEMBELAJARAN VOCABULARY

Oleh:
Ibnu Faishal
XII IPA-3





SMA NEGERI 1 PALIMANAN
Jln. K.H Agus Salim 128

Kata Pengantar


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillahirabbilalamin, banyak nikmat yang Allah berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya layak untuk Allah atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul ”MEDIA PEMBELAJARAN VOCABUARY”. Dalam penyusunannya, penulis memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, karena itu penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang telah memberikan dukungan yang begitu besar. Dari sanalah semua kesuksesan ini berawal, semoga semua ini bisa memberikan sedikit kebahagiaan dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi. Meskipun penulis berharap isi dari makalah ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar makalah ini dapat lebih baik lagi. Akhir kata penulis berharap agar makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca.
   
   
    Cirebon, Desember 2012
    Penyusun


    Ibnu Faishal



SOLUSI PEMBELAJARAN VOCABULARY


A.    PEMBUKAAN
Kosakata (vocabulary) adalah himpunan kata yang diketahui oleh seseorang atau entitas lain, atau merupakan bagian dari suatu bahasa tertentu. Kosakata seseorang didefinisikan sebagai himpunan semua kata-kata yang dimengerti oleh orang tersebut atau semua kata-kata yang kemungkinan akan digunakan oleh orang tersebut untuk menyusun kalimat baru. Kekayaan kosakata seseorang secara umum dianggap merupakan gambaran dari intelejensia atau tingkat pendidikannya. Karenanya banyak ujian standar, seperti SAT, yang memberikan pertanyaan yang menguji kosakata. Penambahan kosakata seseorang secara umum dianggap merupakan bagian penting, baik dari proses pembelajaran suatu bahasa ataupun pengembangan kemampuan seseorang dalam suatu bahasa yang sudah dikuasai. Murid sekolah sering diajarkan kata-kata baru sebagai bagian dari mata pelajaran tertentu dan banyak pula orang dewasa yang menganggap pembentukan kosakata sebagai suatu kegiatan yang menarik dan edukatif.
B.    MASALAH PEMBELAJARAN
Bahasa inggris merupakan bahasa yang sulit untuk dipelajari oleh sebagian kalangan. Begitupun dengan vocabulary yang sulit dipelajari oleh saya. Kata, frase, kalimat, dan semua teks dalam Grammar, writing, reading, speaking, listening dan skills bahasa lainnya semua pasti ada vocabulary didalamnya. Ada beberapa hal yang membuat vocabulary sulit dipelajari diantaranya ketika sebuah kata yang memeiliki beberapa arti hal ini cukup membingungkan bagi kebanyakan orang, Kata-kata yang dapat digunakan dalam berbagai konteks umumnya akan dianggap sebagai sinonim lebih mudah daripada mereka dengan berbagai sempit. Kata-kata yang memiliki kendala gaya, seperti kata-kata sangat informal dapat menyebabkan masalah. Akhirnya, kata-kata atau ungkapan yang idiomatik umumnya akan lebih sulit daripada kata-kata yang maknanya transparan, Kata-kata panjang tampaknya tidak lebih sulit untuk belajar dari yang pendek. Tapi sebagai patokan, kata frekuensi tinggi cenderung pendek dalam bahasa Inggris, dan karena itu pelajar kemungkinan untuk menemui mereka lebih sering, faktor mendukung 'kemampuan belajar' kita sendiri, Suara-ejaan ketidaksesuaian cenderung menjadi penyebab kesalahan, baik pengucapan atau ejaan, dan dapat memberikan kontribusi kesulitan sebuah kata, Juga bermasalah adalah tata bahasa yang berhubungan dengan kata, terutama jika ini berbeda dari yang setara L1 nya.
C.    PEMECAHAN MASALAH PEMBELAJARAN
Dalam mengajarkan bentuk kosakata, setidaknya ada tiga cara:

a.       Secara Visual

Mengajarkan vocabulary secara visual ini dapat dilakukan dengan menunjukkan bentuk tulisan dari kata tersebut, menunjukkan gerakkan yang berkenaan dengan kata yang disebutkan, dengan menggerakkan tangan diudara sembari menuliskan huruf-huruf, ataupun dengan menunjukkan huruf-huruf yang terbuat dari kayu atau plastik untuk dieja.

b.      Dengan Sentuhan

Mengajarkan vocabulary dengan sentuhan (tactilely) dapat dilakukan dengan menggunakan huruf-huruf yang terbuat dari kayu, kertas pasir, dan lain-lain, sehingga siswa bisa merasakan bentuk huruf yang tersusun menjadi kata-kata. Selain itu juga bisa menggunakan sistem penulisan bagi orang buta seperti braile, ataupun dengan menuliskan kata huruf demi huruf diatas tangan siswa.

c.       Dengan oral

Mengajarkan vocabulary secara oral bisa dipraktikkan seperti dengan mengucapkan kata ataupun bentuk oral lainnya.

2.      Teknik pengajaran makna kosakata

Dalam mempraktikkan teknik inipun setidaknya ada tiga teknik yang bisa dijadikan acuan:

a.    Demonstrasi

Teknik ini bisa dilakukan dengan menunjukkan sebuah benda.
Selain teknik-teknik diatas ada beberapa cara lagi yang menurut saya bisa digunakan agar lebih mudah mempelajari vocabulary diantaranya sebagai berikut:
 Cintai kata. Kita harus benar-benar mau mempelajari kosakata baru jika ingin berhasil memperkaya vocabulary anda.
 Baca. Bacalah semua jenis buku. Jika menemukan kata yang tidak kita mengerti, bacalah kalimat di sekitarnya, cobalah memahami apa maksud dari konteks bacaan tersebut. Lalu tebak, setelah menebak, periksa tebakan kita dengan kamus.

 Main game tentang kosakata dengan kawan anda. Banyak sekali game yang baik yang bisa mengajarkan kosakata baru kepada kita. Jika teman kita sampai pada kata yang tidak kita ketahui, barulah tanya mereka apa artinya.
 Gunakan kosakata yang kita pelajari ketika sedang berbicara dengan orang lain atau ketika sedang menulis surat dan email. Menggunakan kosakata baru tidak hanya menyenangkan, tapi juga cara terbaik untuk mengingat semua kosakata baru. Setidaknya cobalah gunakan tiga kosakata baru setiap hari ketika berkomunikasi dengan orang lain.
 Pelajari root, prefix, dan suffix.
 Cari teman kita yang bisa berbicara dengan bahasa Inggris. Hal ini juga baik untuk mempraktikkan kosakata baru. Atau dengan koneksi internet, teman bicara anda tidak harus berada di dekat anda. Kita dapat saling kirim email, chatting.
 Dengarkan Radio, nonton TV, atau Podcast yang anda sukai dalam Bahasa Inggris, dan cobalah dengarkan bahasanya juga.


D.    KESIMPULAN
Ada beberapa hal yang membuat vocabulary sulit untuk dipelajari diantaranya ketika sebuah kata yang memeiliki beberapa arti hal ini cukup membingungkan bagi kebanyakan orang, Kata-kata yang dapat digunakan dalam berbagai konteks umumnya akan dianggap sebagai sinonim lebih mudah daripada mereka dengan berbagai sempit. Kata-kata yang memiliki kendala gaya, seperti kata-kata sangat informal dapat menyebabkan masalah. Akhirnya, kata-kata atau ungkapan yang idiomatik umumnya akan lebih sulit daripada kata-kata yang maknanya transparan, Kata-kata panjang tampaknya tidak lebih sulit untuk belajar dari yang pendek. Tapi sebagai patokan, kata frekuensi tinggi cenderung pendek dalam bahasa Inggris, dan karena itu pelajar kemungkinan untuk menemui mereka lebih sering, faktor mendukung 'kemampuan belajar' kita sendiri, Suara-ejaan ketidaksesuaian cenderung menjadi penyebab kesalahan, baik pengucapan atau ejaan, dan dapat memberikan kontribusi kesulitan sebuah kata, Juga bermasalah adalah tata bahasa yang berhubungan dengan kata, terutama jika ini berbeda dari yang setara L1 nya.
E.    SARAN
Sebaiknya dalam pembelajaran di sekolah cara untuk mempelajari vocabulary agar lebih mudah dimengerti adalah dengan cara-cara yang telah diterangkan diatas. Dan juga pembelajaran vocabulary tidak harus serius atau dengan kata lain santai tapi serius bukannya serius tapi santai, yang paling penting adalah materi tersebut dimengerti dan tersampaikan oleh para peserta didik.

1 komentar:

  1. Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

    BalasHapus

Menu

Recent Post